Cara Menghilangkan Kerak di Kepala Bayi

Cara menghilangkan kerak di kepala bayi bisa dengan mengoleskan minyak

Cradle cap terjadi karena kulit kepala bayi menghasilkan sebum lebih banyak yang kemudian menyebabkan menempelnya sel-sel kulit mati di kulit kepala. Cradle cap mirip seperti ketombe pada orang dewasa. Ada beberapa tanda yang menunjukan anak Anda mengalami cradle cap yaitu:

  • Kulit kepala berminyak dan terdapat bercak putih atau kuning yang bisa mengelupas.
  • Adanya perubahan warna kulit kepala.
  • Menimbulkan kerontokan pada rambut bayi.
  • Bisa muncul pada bagian tubuh lainnya seperti belakang telinga, ketiak atau wajah.

Kerak di kepala bayi yang tidak terlalu parah, jika Anda melakukan perawatan tepat maka bisa hilang lebih cepat. Untuk itu, Anda harus mengetahui apa saja cara menghilangkan kerak di kepala bayi.

  1. Rutin Keramas

Rutin mencuci rambut bayi Anda dan menjaganya tetap bersih bisa membantu mengatasi dan mencegah cradle cap. Anda bisa menggunakan shampo bayi dan gosok secara lembut pada area yang berkerak. Atau Anda bisa memilih shampo bayi khusus untuk cradle cap. Namun penggunaan shampo khusus hanya dengan catatan jika shampo biasa tidak mampu membantu menghilangkan kerak.

Anda juga bisa menyikat kepala bayi Anda sebelum keramas menggunakan sikat khusus. Ini membantu mengangkat kerak dari kulit kepala bayi.

  1. Mengoleskan Minyak

Anda bisa mengoleskan baby oil atau minyak kelapa guna melembutkan kerak sehingga membuatnya mudah terkelupas. Anda juga bisa mengoleskan petroleum jelly pada kulit kepala bayi. Namun lakukan sebelum mencuci rambut bayi Anda. Selain itu, minyak esensial juga bisa Anda coba seperti jojoba oil atau geranium. 

  1. Mengoleskan Krim

Jika keramas atau mengoleskan minyak tidak mampu membantu mengurangi cradle cap pada kulit kepala bayi Anda. Maka, Anda bisa mengunjungi dokter untuk meminta diresepkan krim khusus, seperti krim antijamur atau hidrokortison. Tapi jangan pernah membeli krim tanpa anjuran dokter.

  1. Pastikan Bayi Memiliki Waktu Istirahat Cukup

Kurang tidur juga bisa memicu cradle cap pada bayi. Bayi baru lahir harus tidur setidaknya 14 jam hingga 17 jam per hari. Anda juga harus memastikan bayi merasa nyaman saat tidur guna membuat tidur mereka nyenyak dan lebih lama.

  1. Memijat Kulit Kepala

Anda bisa memijat kulit kepala bayi dengan lembut guna membantu mengatasi cradle cap. Memijat dapat memecah kulit yang tidak rata dan ini lebih efektif dibandingkan menggunakan kuku. Anda bisa menggunakan minyak dan pijat seluruh kulit kepala.

Perlukah ke Dokter?

Beberapa orang tua baru mungkin merasa khawatir saat menemukan kerak pada kulit kepala bayi mereka. Namun yang perlu Anda tau jika ini bukanlah masalah serius dan akan hilang dengan sendirinya. Tapi ada beberapa tanda yang mengharuskan Anda menghubungi dokter yaitu:

  • Sisik atau kerak menyebar ke bagian tubuh lainnya
  • Area yang berkerak terinfeksi
  • Sisik mengeras dan mengeluarkan cairan.
  • Bayi menunjukkan rasa tidak nyaman.

Cara menghilangkan kerak di kepala bayi tersebut merupakan alternatif bagi Anda yang ingin cradle cap pada bayi Anda cepat menghilang. Meski tidak berbahaya, Anda tetap bisa berkonsultasi ke dokter guna mempercepat waktu penyembuhan. Dan berhati-hatilah dalam menggunakan produk apapun karena pada dasarnya kulit bayi masih cukup sensitif sehingga mudah iritasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *