Dosis dan Penggunaan Nalgestan Tablet yang Perlu Anda Tahu

Salah satu keluhan umum yang kerap diderita oleh banyak orang adalah pilek, bersin, dan hidung tersumbat. Meskipun termasuk keluhan ringan, namun hal ini sangat mengganggu aktivitas. Anda tidak bisa berada di ruangan ber-AC ketika mengalami hal ini karena dapat memperparah kondisi. Salah satu cara untuk mengatasi bersin dan hidung tersumbat yang disebabkan oleh pilek adalah dengan minum nalgestan tablet.

Nalgestan tablet merupakan obat bebas yang bermanfaat untuk meringankan berbagai gejala pilek, seperti hidung tersumbat dan bersin-bersin. Obat ini berbentuk tablet yang bisa dikonsumsi oleh anak berusia 12 tahun ke atas dan orang dewasa.

Kandungan Nalgestan Tablet

Perlu Anda ketahui bahwa nalgestan tablet mengandung phenylpropanolamine HCL 15 mg serta CTM 2 mg. Zat aktif yang terdapat pada kedua zat diatas mampu meringankan hidung tersumbat, meler, dan bersin yang umumnya diderita oleh seseorang yang sedang pilek, flu, alergi, rhinitis, sinusitis, maupun rhinitis non alergi.

Karena mengandung CTM, obat ini tidak diperbolehkan dikonsumsi sebelum Anda mengendarai kendaraan karena bisa mengakibatkan kantuk. CTM yang membuat mengantuk memang bertujuan agar orang yang menderita pilek beristirahat cukup. 

Penggunaan Nalgestan Tablet

Nalgestan tablet merupakan golongan obat dekongestan dan antihistamin yang dapat melegakan hidung tersumbat. Obat ini khusus digunakan oleh orang dewasa saja dan anak-anak yang telah berusia 12 tahun keatas.

Karena tergolong obat kategori C, maka obat ini tidak disarankan digunakan oleh ibu hamil. Obat kategori C artinya berdasarkan studi, obat ini memiliki efek samping terhadap janin meskipun belum ada studi khusus yang melibatkan ibu hamil. Jadi sebaiknya ibu hamil dan ibu menyusui berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi nalgestan tablet. 

Nalgestan tablet juga tidak dianjurkan untuk seseorang yang memiliki riwayat alergi terhadap berbagai bahan yang terkandung pada obat ini. Selain itu, orang yang memiliki riwayat hipertensi, jantung koroner, glaukoma, infeksi pernapasan, serta hipertiroid juga perlu berhati-hati sebelum menggunakan nalgestan tablet.

Dosis dan Aturan Pakai

Untuk orang dewasa, nalgestan tablet dikonsumsi sebanyak 3-4 kali sehari, masing-masing 1 tablet. Jika kondisi tidak membaik setelah mengonsumsi obat ini, maka segera konsultasikan dengan dokter. Dan untuk anak dibawah 12 tahun, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum minum obat ini. 

Sebelum mengonsumsi nalgestan tablet, baca dan ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan terlebih dahulu. Pastikan Anda juga mengikuti petunjuk dari dokter sebelum minum obat ini. Hindari minum nalgestan tablet melebihi dosis yang telah ditentukan. Terlebih tanpa petunjuk dokter, hindari menambah dosis atau memperpanjang waktu penggunaan obat ini karena dapat mengakibatkan efek samping yang tidak diinginkan. 

Nalgestan tablet dapat diminum dengan menggunakan air putih, teh atau lainnya. Obat ini dapat diminum sebelum atau setelah makan sesuai dengan kebutuhan. Jika sedang tidak diminum, simpan obat ini di tempat yang aman dan terhindar dari suhu panas serta paparan sinar matahari langsung. Jauhkan juga dari jangkauan anak-anak dan bayi.

Interaksi dengan Obat Lain

Terdapat beberapa risiko yang terjadi ketika nalgestan tablet dikonsumsi bersamaan dengan obat lain, yaitu:

  1. Meningkatkan risiko overdosis jika dikonsumsi bersamaan dengan dexchlorpheniramine.
  2. Meningkatkan risiko hipertensi jika dikonsumsi bersamaan dengan MAOI.
  3. Meningkatkan rasa kantuk jika dikonsumsi dengan alkohol.

Efek Samping

Jika digunakan secara tepat, umumnya nalgestan tablet tidak menimbulkan efek samping apapun. Namun kandungan zat pada obat ini tetap memiliki efek samping yang harus diwaspadai, seperti:

  1. Mengantuk
  2. Sakit kepala
  3. Pusing
  4. Mual dan muntah
  5. Sakit perut
  6. Sembelit
  7. Gelisah

Itulah dosis dan penggunaan nalgestan tablet yang perlu Anda tahu. Anda bisa mengonsumsi ini sesuai petunjuk dokter untuk mengurangi risiko serta efek samping yang tidak diinginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *