Mitos dan Fakta: Ciri-Ciri Hamil Anak Perempuan

Ciri-ciri hamil anak perempuan selalu jadi informasi menarik bagi Anda yang sedang hamil. Tentu tidak ada salahnya menebak-nebak jenis kelamin si kecil, bukan begitu?

Kehamilan adalah masa-masa menarik dalam kehidupan seorang ibu. Umumnya kehamilan membawa sukacita dan dengan demikian calon orang tua baru sudah tidak sabar menunggu kelahiran si kecil.

Menariknya, Selalu ada tebak-tebakan jenis kelamin bayi sejak usia dini. Biasanya ada beberapa ciri-ciri kehamilan yang bisa ditengarai untuk menentukan jenis kelamin si kecil laki-laki atau perempuan.

Ada sejumlah penelitian yang menghasilkan petunjuk terkait dugaan jenis kelamin bayi sejak kehamilan usia dini. Namun, tentu Anda tidak bisa menerimanya begitu saja.

Sejauh ini, tes USG adalah salah satu cara paling akurat untuk mengetahui jenis kelamin bayi. Biasanya dokter bisa melakukan tes USG begitu usia kehamilan mencapai 20 pekan.

Meski begitu, tidak ada salahnya menebak jenis kelamin si kecil. Ini adalah salah satu tebakan menyenangkan yang bisa dilakukan oleh orang tua.

Temuan-temuan mitos dan fakta ciri-ciri hamil anak perempuan berikut ini mungkin jadi informasi menarik bagi Anda. Apa saja sih?

Fakta: Anda mengalami hyperemesis gravidarum (morning sickness ekstrem)

Sebagian besar ibu hamil mengalami morning sickness atau mual-mual di pagi hari. Seharusnya rasa mual ini masih bisa ditoleransi, tapi pada sebagian kasus bisa jadi sangat buruk.

Nah mual dan muntah yang sangat buruk ini disebut hyperemesis gravidarum dan diyakini jadi salah satu indikator kehamilan anak perempuan. Riset membuktikan ada banyak perempuan hamil yang menderita morning sickness parah.

Diduga ada kenaikan hormon hCG berlebihan pada kehamilan perempuan.

Fakta: Jadi mudah lupa

Untuk alasan yang belum jelas, sejumlah peneliti meyakini bahwa kehamilan akan perempuan cenderung membuat ibu hamil jadi mudah lupa, khususnya dalam hal pendengaran dan penglihatan.

Tentu dibutuhkan penelitian lebih lanjut terkait klaim ini. Namun, ada cukup banyak kasus yang dapat dijadikan bukti kuat ciri-ciri hamil anak perempuan.

Fakta: Stres tingkat tinggi

Semakin tinggi tingkat stres ketika hamil, semakin besar peluang kehamilan perempuan. Peneliti mengklaim bahwa bayi perempuan lebih rapuh menghadapi kondisi rahim daripada bayi laki-laki.

Studi menemukan bahwa calon ibu yang mengalami stres fisik dan psikologis lebih mungkin melahirkan anak perempuan.

Fakta: Bayi sungsang

Setelah melewati usia kehamilan 32 pekan dan posisi bayi masih terbalik (sungsang), diduga kemungkinan besar bayi tersebut berjenis kelamin perempuan.

Mitos: Detak jantung tinggi

Diklaim bahwa detak jantung tinggi (di atas 140-160 per menit) adalah indikasi anak perempuan. Namun, studi membuktikan tidak ada hubungan antara detak jantung dan jenis kelamin bayi.

Mitos: Posisi perut tinggi

Diduga posisi perut yang menjulang ke atas berarti mengindikasikan bayi perempuan. Namun, tidak ada studi ilmiah yang membuktikan dugaan ini.

Mitos: Perubahan rambut dan kulit

Sebagian orang meyakini bahwa memiliki kulit berminyak dan rambut rontok adalah pertanda sedang hamil anak perempuan. Tentu masih belum ada bukti ilmiah terkait klaim ini.

Mitos: Ukuran payudara

Mitos ciri-ciri hamil anak perempuan berikutnya adalah soal ukuran payudara kiri yang lebih besar daripada payudara kanan. Sejauh ini belum ada studi ilmiah yang mendukung klaim tersebut.

Mitos: Warna urine

Diduga urine ibu hamil berwarna kuning kusam menunjukkan kehamilan anak perempuan. Namun, faktanya warna urine tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin bayi.

Mitos: Doyan manis-manis

Klaim berikutnya adalah ketika ibu hamil lebih menyukai rasa manis berarti kemungkinan besar hamil anak perempuan. Namun, studi membuktikan tidak ada hubungan antara rasa yang disukai dan jenis kelamin bayi.

Demikian beberapa fakta dan mitos mengenai ciri-ciri hamil anak perempuan. Anda mengalami yang mana saja nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *