Program Fisioterapi di Klinik Dri Clinic

Dri Clinic merupakan klinik yang terletak di Wisma Nugra Santana, Mezzanine Floor, Jakarta Pusat. Dri Clinic dapat dibilang sebagai salah satu klinik spesialis medis terlengkap di Indonesia.

Salah satu perawatan unggulan di Dri Clinic adalah Fisioterapi. Jika kamu merasa perlu untuk mendapatkan perawatan fisioterapi, tidak ada salahnya untuk membaca terlebih dahulu informasi di bawah!

Apa itu fisioterapi?

Beberapa dari kamu pasti sering mendengar mengenai fisioterapi bukan? Namun mungkin  hanya mendengar mengenai kegiatan tersebut secara sekilas saja. Jika kamu penasaran, Yuk cari tahu apa itu fisioterapi.

Fisioterapi adalah bentuk tindakan medis  yang bertujuan untuk memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh. Tidak asal, fisioterapi dilakukan dengan beberapa cara mulai dari manual, peningkatan gerak, sampai menggunakan alat seperti elektroterapeutis dan mekanis.

Manfaat fisioterapi

Praktik fisioterapi dapat dilakukan kepada semua orang dari rentang usia muda maupun tua dengan berbagai tujuan. Mulai dari hanya sekedar ingin menghilangkan rasa sakit hingga sampai untuk persiapan olahraga dan persalinan. 

Manfaat utama fisioterapi berguna untuk mengembalikan fungsi tubuh yang normal setelah terkena penyakit atau cedera. Apalagi untuk kamu yang mungkin mengalami cedera permanen fisioterapi dapat dilakukan untuk mengurangi dampaknya.

Berikut ini beberapa manfaat lainnya dari fisioterapi, antara lain:

1. Menghilangkan atau mengurangi nyeri

Fisioterapi dapat bermanfaat bagi seseorang yang menderita radang sendi, ketegangan otot atau keseleo. Terapi fisioterapi ini dapat membantu mengurangi rasa sakit yang dirasakan.

2. Membantu menghindari operasi

Fisioterapi dapat dilakukan mulai dari awal terjadinya cedera, tujuannya adalah untuk menghindari perlunya dilakukan operasi.

Sebagaimana kita ketahui pada beberapa kondisi yang tidak dapat dihindari, operasi merupakan pilihan terakhir.

Fisioterapi juga membantu dalam program pra dan pasca rehabilitasi untuk mengurangi komplikasi yang dapat terjadi dalam operasi.

3. Meningkatkan kekuatan dan koordinasi tubuh

Meskipun fisioterapi dikenal sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit selama atau setelah operasi, fisioterapi juga bisa membantu meningkatkan kekuatan dan ketahanan tubuh secara keseluruhan.

Tahukah kamu bahwa fisioterapi melibatkan latihan dan peregangan khusus yang membantu koordinasi tubuh.

4. Meningkatkan fungsi aliran darah dan kapasitas paru-paru

Fisioterapi dapat digunakan sebagai latihan pernapasan sehingga dapat membantu mengoptimalkan aliran darah dan juga fungsi paru-paru di dalam tubuh. Sehingga menjadikan tubuh lebih sehat.

5. Menjadikan tubuh tetap fit di segala usia dan kondisi

Seiring bertambahnya usia, dapat membawa serta komplikasi penyakit tertentu yang menghambat gaya hidup sehari-hari.

Ini termasuk Rheumatoid Arthritis (RA), Osteoporosis, Linu panggul, Demensia, Sakit leher, Sakit punggung, penggantian lutut dan lainnya. Semua penyakit ini dapat dikendalikan dan dikelola dengan rutin melakukan fisioterapi.

Jenis terapi fisioterapi

Terdapat beberapa jenis fisioterapi, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan seseorang. Berikut adalah jenis-jenis fisioterapi yang dapat dilakukan:

1. Terapi fisik ortopedi

Terapi ini digunakan untuk merawat cedera, yang melibatkan otot, tulang, ligamen, fasia, dan tendon.

Fisioterapi ini bisa sekali digunakan untuk kondisi medis seperti patah tulang, keseleo, tendinitis, radang kandung lendir, masalah medis kronis, dan rehabilitasi atau pemulihan pasca operasi ortopedi.

2. Terapi fisik geriatri

Fisioterapi ini dapat membantu pasien pada usia lanjut dimana memiliki masalah kondisi yang memengaruhi mobilitas dan fungsi fisik mereka, termasuk radang sendi, osteoporosis, penyakit Alzheimer, gangguan keseimbangan, dan inkontinensia.

Tujuan fisioterapi ini adalah untuk mengembalikan keleluasaan gerak, mengurangi rasa sakit dan meningkatkan tingkat kebugaran fisik.

3. Terapi perawatan luka

Fisioterapi ini dapat membantu memastikan bahwa penyembuhan luka lebih optimal dengan memastikan bahwa tubuh menerima oksigen dan darah yang cukup melalui peningkatan sirkulasi.

Masih banyak lagi jenis terapi fisioterapi yang dapat disesuaikan dengan kondisi fisik dan kebutuhan seseorang. Sebelum melakukan fisioterapi, ada baiknya kenali klinik atau rumah sakit penyedia layanan fisioterapis untuk mendapatkan pelayanan terbaik dan hasil sesuai harapan.

Jika kamu bingung, kamu bisa menjadikan Dri Clinic sebagai salah satu pilihan karena Dri Clinic merupakan salah satu spesialis medis terlengkap di Indonesia dengan standar kinerja tinggi dan ditangani oleh sumber daya yang berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *