Ragam Manfaat Minyak Kutus Kutus untuk Bayi

Minyak Kutus Kutus merupakan minyak yang sering digunakan untuk pengobatan herbal dengan kandungan dari campuran 69 tanaman obat. Bagi Anda yang memiliki bayi, ada beragam manfaat Minyak Kutus Kutus untuk bayi berdasarkan kandungan bahan di dalamnya.

Manfaat Minyak Kutus Kutus untuk Bayi

Minyak Kutus Kutus sudah terdaftar di BPOM dan memiliki sertifikasi halal sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir saat menggunakannya untuk buah hati tercinta. Minyak Kutus Kutus memiliki banyak manfaat untuk bayi hingga orang dewasa mulai dari meringankan sakit hingga membantu penyembuhan luka.

Ragam manfaat tersebut diperoleh dari kandungan di dalamnya. Berikut merupakan manfaat Minyak Kutus Kutus untuk bayi berdasarkan kandungan bahan-bahannya.

Agar bayi tidur lebih nyenyak Anda bisa mengoleskan minyak telon bayi di area perut sambil dipijat lembut
  1. Ashitaba

Ashitaba merupakan tanaman herbal yang berasal dari Jepang. Bagian akar, daun dan batang dari tanaman ini sering digunakan sebagai pengobatan. Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari ashitaba khususnya bagi bayi seperti menurunkan demam hingga mencegah dan menyembuhkan masalah pada perut seperti mulas akibat refluks asam (GERD).

Bukan hanya orang dewasa, bayi juga bisa mengalami GERD yang membuatnya muntah setelah minum susu formula atau ASI dan bisa terjadi beberapa kali dalam sehari. Namun ini bukanlah hal yang mengkhawatirkan, karena seiring bertambahnya usia hal ini akan berkurang dengan sendirinya.

  1. Kayu Putih

Kayu putih sering dimanfaatkan sebagai minyak aromaterapi atau minyak oles. Minyak Kutus Kutus juga memiliki kandungan kayu putih di dalamnya yang memiliki banyak manfaat seperti:

  • Mengatasi pilek dengan membantu mengencerkan lendir yang membuat hidung bayi tersumbat.
  • Mengobati infeksi jamur dan luka pada kulit.
  • Meredakan sakit atau nyeri karena memiliki sifat analgesik seperti memar atau keseleo.
  • Memberikan efek menenangkan yang bisa dibalurkan sebelum bayi tidur agar membuatnya tidur lebih nyenyak.

Bagi bayi yang mengalami pilek, Anda bisa membalurkan Minyak Kutus Kutus pada punggung dan perut bayi untuk membantunya mengencerkan lendir sekaligus melegakan pernapasan.

  1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa dikenal sebagai minyak pembawa yang bisa dicampurkan dengan minyak lainnya. Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antiinflamasi yang saat dioleskan pada kulit bayi bisa mencegah kuman, gatal dan ruam.

Kulit bayi yang cenderung sensitif lebih mudah ruam daripada kulit orang dewasa. Ini juga diakibatkan karena sistem kekebalan tubuh bayi yang sedang berkembang sehingga rentan terhadap infeksi. Ruam pada bayi bisa terjadi di beberapa bagian tubuh seperti leher, wajah, lengan, kaki hingga area popok. Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan ruam pada bayi seperti alergi, wewangian atau bahan kimia tertentu.

Karena itulah manfaat Minyak Kutus Kutus bisa Anda rasakan saat mengoleskannya pada kulit bayi yang mengalami ruam.

  1. Jahe

Rempah rempah satu ini tentu sudah sangat dikenal di kalangan masyarakat akan khasiatnya yang mampu membantu mengatasi berbagai penyakit. Jahe memiliki efek antimikroba, antijamur dan antivirus yang mampu melawan bakteri seperti E.coli Salmonella typhi, dan Bacillus subtilis.

Dalam berbagai penelitian juga ditemukan jika jahe bisa membantu mengurangi rasa sakit. Selain itu, jahe juga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan, mengurangi mual hingga membantu melawan pilek.

  1. Serai

Kandungan serai yang ada pada Minyak Kutus Kutus telah lama digunakan sebagai salah satu bahan untuk pengobatan herbal. Serai memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang bisa menyebabkan masalah pada kulit. Selain itu, Minyak Kutus Kutus juga memiliki sifat antiinflamasi yang bisa mengurangi peradangan pada luka di kulit bayi. Bukan hanya itu saja, serai juga bisa membantu mengurangi diare. Serta membantu mengusir serangga.

Itulah beragam manfaat Minyak Kutus Kutus untuk bayi berdasarkan kandungan bahan-bahan di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *